Keren! Menikmati Membaca Buku di Perpustakaan Terapung

PALEMBANG - Direktorat Polisi Perairan dan Udara menyulap salah satu kapal mereka menjadi sebuah perpustakaan terapung yang didedikasikan untuk masyarakat pesisir. Hal tersebut dilakukan untuk membantu mencerdaskan anak bangsa melalui peningkatan minat baca.

Perpustakaan terapung itu merupakan kapal bernomor lambung Sei Rawas V-3005. Setiap harinya pada saat jam sekolah, perpustakaan terapung ini akan bersandar di pelabuhan atau pangkalan sandar wilayah pesisir sungai Sumatera Selatan untuk memberikan edukasi kepada pada pelajar ataupun masyarakat sekitar.

Kali ini, perpustakaan terapung tersebut sengaja bersandar di dermaga pangkalan sandar Sungsang. Mengetahui hal itu, para pelajar dari SMP Negeri 1 Sungsang langsung berbondong-bondong mendatangi perpustakaan terapung. Mereka begitu antusias dan tertib bergantian membaca buku di dalam perpustakaan.

Peserta didik ini bukan hanya disuguhkan berbagai macam buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palembang saja, namun mereka juga dimanjakan dengan diajak berkeliling area sungai sekitar oleh perpustakaan terapung.

Salah satu pelajar SMP Negeri 1 Sungsang mengharapkan perpustakaan terapung ini agar sering berlabuh ke kawasan Sungsang, karena hal tersebut sangat bermanfaat dan menyenangkan. "Saya harap perpustakaan ini sering mampir ketempat kami," harap pelajar ini.

Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson DP Siregar mengatakan, perpustakaan terapung itu memang di desain dan dirancang untuk memberikan edukasi positif bagi masyarakat. Melalui berbagai macam buku yang ada Polairud Polda Sumsel berharap para pelajar dan masyarakat dapat pengalaman belajar yang baik dan menarik.

"Buku ini nantinya akan dijadikan guru bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan karena keterbatasan fasilitas didaerah tersebut. Serta kapal Ditpolair Polda Sumsel akan menjadi akses masyarakat dalam memperoleh ilmu pengetahuan layaknya diperkotaan,” tutur Robinson.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2017/08/09/65/1752771/keren-menikmati-membaca-buku-di-perpustakaan-terapung