Minim Buku, Sekolah Ini Berharap Kedatangan Perpustakaan Keliling

BATULICIN - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengharapkan kehadiran perpustakaan keliling mengunjungi sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMPN 4 Simpang Empat Marwanto melalui guru bimbingan konseling Mariono, di Batulicin, Senin (27/2/2017), mengatakan siswa-siswi SMPN 4 masih sangat membutuhkan buku bahan bacaan sebagai referensi dalam menuntut ilmu, sementara ketersediaan buku yang ada di sekolah masih minim.

"SMPN 4 Simpang Empat merupakan sekolah baru sehingga segala fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar masih belum lengkap, terutama buku untuk referensi bacaan para siswa juga belum ada," katanya.

Bukan hanya murid-murid yang memerlukan banyak buku bacaan karena yang tersedia terbatas, semua guru yang ada juga masih mengandalkan Buku Lembar Siswa (LKS) yang disediakan oleh pihak sekolah.

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu Mariani, menjelaskan saat ini Kantor Perpustakan Tanah Bumbu hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling untuk yang memiliki cakupan wilayah seluruh kecamatan di Kabupaten "Bumi Bersujud".

"Sementara ini untuk memenuhi kebutuhan dan para minat baca, kami menyediakan empat unit pelayanan perpustakaan yang ada di kecamatan," terangnya.

Sedangkan Kecamatan Mentewe, Simpang Empat, Batulicin untuk menjangkau para peminat baca dari Perpustakaan Daerah.

Ia menjelaskan, apabila ada pihak sekolah maupun kelompok lain yang ingin mendapatkan kunjungan mobil perpustakaan keliling, agar membuat surat pengajuan bahwa yang bersangkutan minta untuk dijadwalkan kunjungan mobil perpustakann keliling oleh Kantor Perpustakaan Daerah.

Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu menyediakan di antaranya ada buku ilmu murni atau ilmu umum, ilmu terapan, ilmu sosial, ilmu agama, Kesastraan, fisika, geografi, kesehatan dan olahraga.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2017/02/27/65/1629316/minim-buku-sekolah-ini-berharap-kedatangan-perpustakaan-keliling