Perpustakaan Daerah Digencarkan untuk Tingkatkan Literasi

SINGARAJA- Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat menggencarkan program perpustakaan desa sebagai upaya meningkatkan literasi di kalangan masyarakat.

"Kami terus berupaya menambah perpustakaan desa di beberapa wilayah di Buleleng. Beberapa di antaranya mendapatkan respons sangat baik dari masyarakat," kata Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Buleleng, Putu Artawan, di Singaraja, Bali, Kamis (15/12/2016).

Ia mengatakan, pihaknya ingin mengampanyekan peningkatan minat baca di kalangan generasi muda serta para pelaku atau praktisi pertanian dan perkebunan di wilayah perdesaan di Buleleng.

Bukan hanya itu, pihaknya juga menyasar kalangan pelaku ekonomi kecil dan menengah seperti para perajin di wilayah Desa Tigawasa dan sekitarnya yang selama ini rutin mendapatkan pendampingan di bidang promosi.

Artawan juga menambahkan, ke depan perpustakaan diharapkan tidak hanya digunakan sebagai tempat membaca, tetapi juga menjadi tempat untuk berkumpul dan memadukan berbagai ide.

"Perpustakaan dengan tambahan fasilitas alat seperti komputer dan koneksi internet juga diharapkan digunakan sebagai tempat mempromosikan berbagai jenis usaha," katanya.

Sementara itu, Kantor Perpusda Buleleng juga telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan nasional untuk melaksanakan program perpustakaan seru sebagai upaya meningkatkan minat baca generasi muda.

"Program telah berjalan dan mendapatkan respons sangat bagus," ujar dia. (afr)